Makanan Khas Kalimantan Barat Tempoyak

Saya tertarik untuk menulis artikel ini karena saya ingin makanan khas atau tradisional ini bisa dikenal oleh masyarakat umum dan saya juga berharap bisa menambah khasanah kebudayaan indonesia lewat makanan tradisional ini. Makanan Tradisional bernama Tempoyak, berasal dari durian matang yang diasinkan dan diolah dengan sangat sederhana serta memerlukan bahan yang tidak sulit didapatkan dimana saja.

Makanan tradisional ini sudah ada sejak dahulu kala, kapan makanan ini pertama kali dibuat tidak ada sumber yang yang menjelaskan. Makanan ini biasanya dimakan sebagai lalapan yang dicampur dengan nasi, selain itu juga bisa digoreng atau untuk membuat masakan asaman baik ikan, daging atau dedaunan.

Bahan-bahan yang diperlukan adalah :

  1. Durian Matang sebagai bahan pokok
  2. Garam untuk mengasinkan

Cara pengolahan :

  1. Kupas beberapa durian atau sesuai kebutuhan,
  2. Pisahkan daging durian dengan biji,
  3. Tabur dengan garam secukupnya atau sesuai selera,
  4. simpan ditempat tertutup, misalnya galon, ember atau tempat lain yang bisa ditutup rapat,
  5. biarkan selama 2 sampai 3 hari.
  6. Tempoyak siap dikonsumsi

NB: untuk penyimpanan dalam Waktu lama simpan ditempat yang tertutup rapat dan jauhkan dari sinar      matahari agar rasa tetap tejaga.

Oke salamat mencoba dan selamat menikmati. Mau durian murah cari aja dikebun orang-orang di Kalimantan Khususnya Melawi tapi dengan syarat ijin dengan yang punya kebun.

Nah bagai mana pendapat anda tentang Makanan Khas Kalimantan ini……..

About these ads

9 comments on “Makanan Khas Kalimantan Barat Tempoyak

  1. Bung ! selain tempoyak, ada juga bubur pedas. Kalau boleh ditulis juga dong resep membuat bubur pedas, dah lama nih gak merasakan bubur pedas, soalnya sudah gak di Kalimantan. Thanks

  2. sy mau tny selain tempoyak n bu2r pedas apa lg ya yg menjd makann khas kalbar? sy perlu bngt nie” sp yg tau tlng kash tau dng.thanks

  3. wah…wah…wah enak bgt tuh ,masalah ya aku jga doyan mkn tempoyak ……………………..he he

  4. subhanallah…
    di ketapang tempoyak dimasak dengan ikan sungai
    jadi rasanya unik
    namanya gulai tempoyak..
    duh seger dah…

  5. enak tuh tempoyak,apalagi dibuat asam pedas…………jadi pgen makan ne.,,kpan ya bisa plg,,,,,,,,,,,,,,huhuhu enak nya……….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s